MENU BAR

Wednesday, March 15, 2017

>>Cara untuk menambahkan storage/penyimpanan di Android

     Smartphone Android sekarang biasanya dirilis dengan jumlah kuantitas storage yang besar, namun masih dapat juga dengan mudah jumlah kuantitas storage tersebut terkikis habis.
Cara yang dapat kita gunakan untuk menambahkan jumlah kuantitas storage adalah sebagai berikut:

     • Tambahkan SD card (memory card) eksternal, maupun dengan perangkat yang tidak di-support sekaligus. Jika smartphone anda cocok dengan pemasangan memory card eksternal, itu adalah hal baik. Belilah SD card tersebut. Pastikan untuk mengecek berapa besar kapasitas daya tampungnya. Anda tidak akan mau jika anda mengeluarkan biaya untuk Memory Card sebesar 128GB, namun perangkat Android anda hanya support hanya untuk 32GB.
Jika smartphone atau table anda tidak support memory card eksternal (SD Card), anda dapat dengan mudah memasang SD card kepada perangkat tersebut. Yaitu dengan menggunakan SD card reader, dimana perangkat tersebut menghubungkan antara perangkat smartphone anda dengan perangkat SD card ini. Atau dengan menggunakan versi wireless (tidak berkabel) seperti Verbatim MediaShare Wireless Mini. Perangkat ini nampak seperti USB flash drive yang ditancapkan dari USB port yang dimiliki komputer. Akan tetapi didalam perangkat ini, terdapat microSD card, yang support akan proses pengiriman data.
Dengan mengunduh aplikasi Verbatim MediaShare Wireless Mini (gratis melalui Google Play atau App Store), anda dapat menghubungkan perangkat tersebut ke smartphone Android anda maupun tablet melalui Wi-Fi untuk mengakses konten yang terdapat di dalam SD card tersebut. Yang hebatnya, mengenai menggunakan koneksi wireless pada Verbatim ini dapat digunakan untuk 5 orang sekaligus untuk berbagi koneksi, serta anda dapat memasang password (kata sandi) agar tidak sembarang orang bisa mengakses koneksi tersebut.

     • Tancapkan flash drive di OTG-enabled perangkat Android anda.
Sebagaian besar perangkat Android dan tablet support akan USB OTG (On The Go), dimana fitur tersebut memperbolehkan anda untuk menancapkan seperti misalnya storage drives (untuk menambah storage). Cara cepat serta mudah untuk mengecek perangkat android manakah yang support akan OTG, adalah dengan mengunduh aplikasi USB OTG Checker, yang gratis dari Google Play. Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut di sini.
Jika anda sudah memastikan bahwa perangkat android anda support atas OTG, anda sekarang hanya tinggal butuh OTG adaptor. Anda juga harus menyalakan perangkat adaptor tersebut melalui sumber eksternal saat terhubung dengan smartphone.


     • Wireless hard drive: Opsi terakhir yang dapat anda gunakan untuk menambah daya tampung storage perangkat Android anda adalah menggunakan wireless hard drive. Wireless hard drive ini sangatlah sama dengan hard drive protable pada umumnya. Akan tetapi anda menggunakan Wi-Fi untuk menghubungkannya. Banyak opsi tersedia, serta perangkat ini juga lebih mudah untuk didapatkan.

No comments:

Post a Comment