MENU BAR

Saturday, March 11, 2017

>>Cara untuk meminimalisir jumlah data storage pada Android


     Lebih banyak yang dapat dilakukan oleh smartphone maupun tablet, semakin banyak juga yang kita lakukan kepada perangkat tersebut. Seperti halnya dapat melakukan foto serta vidio dengan resolusi yang tinggi, memainkan games yang termasuk cukup berat, atau mengunduh aplikasi dari yang ringan sampai yang berat. Sangatlah mudah storage (daya tampung data) di Android untuk terkikis habis, bahkan dengan smartphone yang memiliki daya tampung 16 ataupun 32GB sekalipun. Berikut tips yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir jumlah data pada storage Android anda.
Melakukan Back-up pada foto dan vidio ke Google Photos, lalu hapus data tersebut dari smartphone anda. 
     Foto dan vidio merupakan salah satu pemakan data storage terbanyak. Oleh karena itu perlu kita lakukan proses penyaringan ataupun penataan pada setiap data foto dan vidio tersebut. Unduh aplikasi Google Photos secara gratis dari Google Play, lalu pada menu Settings pilihlah untuk melakukan back-up pada semua foto maupun vidio menggunakan koneksi Wi-Fi. Sesudah media tersebut dikirimkan, anda dapat menghapus media tersebut dari handphone anda, karena data media telah tersimpan di aplikasi Google Photos.
Pindahkan data lainnya ke Google Drive.
     Dengan menggunakan metode yang sama dengan memindahkan foto serta vidio pada Google Photos, anda dapat menggunakan Google Drive (aplikasi gratis lainnya) ataupun aplikasi cloud-storage lainnya untuk menyinmpan suatu data. Hanya saja anda memerlukan koneksi internet untuk melakukan hal tersebut, tergantung dengan seberapa besar pula data yang akan anda simpan di aplikasi cloud-storage tersebut.
Hapus data dari suatu aplikasi maupun game tua yang sudah tidak anda pakai. 
     Beberapa aplikasi serta game mengkonsumsi daya storage anda dengan cepat. Jika anda tidak menggunakannya lagi, maka aplikasi tersebut hanyalah memenuh-menuhkan daya storage smartphone anda saja. Jika anda berpikir mungkin suatu saat anda akan membutuhkannya, maka cukup unduh ulang saja aplikasi tersebut, aplikasi berbayar yang telah anda beli dari Google Play akan tersedia kembali pada semua perangkat Android setelah anda melakukan proses Log-in ke akun Google anda. Untuk melakukan penghapusan aplikasi, cukup hanya dengan pilih aplikasi yang akan anda hapus, pilih App info dari aplikasi tersebut, dan pilih opsi Uninstall.
Hapus semua data cached files (data yang tidak terpakai layaknya seperti cookies). 
     Catched files merupakan sebagian kecil dari data yang dipakai oleh suatu aplikasi setiap saat anda menggunakannya. Setiap saat anda dapat mengumpulkan jumlah yang banyak akan cached data tersebut. Jadi jika anda mencari cara untuk meminimalisir daya storage anda, hapus cached files ini merupakan awal yang baik. Buka menu Settings lalu pilih Storage, geser kebawah  dan klik pada Cached data. Pilih OK untuk menghapus cached data pada
Pindahkan data ke microSD card (memory card). Jika smartphone anda didukung dengan fitur microSD, anda dapat menggunakan metode ini untuk menyimpan foto, vidio, dan data-data lainnya yang berada pada smartphone anda. Caranya adalah pilih aplikasi yang anda mau pindahkan ke microSD, pilih App info, lalu pilih opsi Move to SD card. Dengan metode ini anda dapat menyimpan lebih banyak daya tampung data pada memory internal anda.

Untuk aplikasi yang kami rekomendasikan pada anda, kami sarankan untuk menggunakan aplikasi CC Cleaner. Aplikasi ini sangatlah membantu dan berguna untuk mengosongkan ruang storage smartphone anda, Jika anda tertarik, silahkan unduh aplikasi tersebut di sini.

No comments:

Post a Comment